7 Penemuan Yang Merubah Dunia Digital

Google, Myspace, Youtube, Facebook, Yahoo, Wordpress dan Mozilla pasti tidak asing bagi kalian para penselancar dunia digital bukan? Dari sekian banyak penemuan dan inovasi di bidang digital dapat dikatakan penemuan-penemuan diatas merupakan 7 penemuan yang merubah Dunia digital. Mengapa ? karena 7 penemuan tersebutlah yang memiliki dampak yang cukup besar dalam perkembangan Dunia Digital kita. Oleh karena itu kami ingin merangkumnya dalam 7 penemuan yang merubah dunia digital


Larry Page (36) dan Sergey Brin (35) asal amerika serikat adalah dua orang yang bisa dikatakan sebagai orang yang bertanggung jawab atas ke esistensi Google. Keduanya merilis Google pada tanggal 4 September 1998.  Pada Saat itu, mereka baru berusia 25 tahun dan 24 tahun. Dan ternyata “Kantor” pertama Google berada dalam sebuah garasi.

Siapa yang tidak mengenal Google, sebuah mesin pencari yang mampu menampilkan segala jenis informasi ini dalam waktu cepat dan sangat disukai banyak orang – terutama oleh para mahasiswa.
Maka, hanya dalam tempo waktu beberapa tahun saja, Google bisa berkembang amat pesat dan meraup keuntungan miliaran dollar AS. Kini, Google bisa disebut sebagai mesin pencari nomor satu di dunia.

Kisah sukses Larry Page dan Sergey Brin dalam menciptakan dan mengembangkan Google telah menjadi inspirasi bagi banyak orang muda di dunia ini, khususnya para penggemar teknologi informasi. Mereka berharap bisa membuat program baru yang berguna bagi masyarakat dunia dan menguntungkan dari segi finansial.


2. Facebook


Mark Zuckerberg (25) mungkin tidak begitu terkenal namanya namun apakah kalian percaya 
bahwa nama seseorang yang kurang terkenal itu adalah pencipta dari situs media sosial bernama Facebook! 

Facebook pada awalnya merupakan sebuah situs yang dibuat oleh Mark  pada saat dia masih berstatus mahasiswa di Harvard University dengan tujuan awal untuk membantu jaringan sosial antar Mahasiswa di Kampusnya. Namun kini facebook merupakan situs Media Sosial Terbesar kedua yang diramalkan dapat mengalahkan eksistensi situs MySpace.


3. Youtube

Mau cari video lucu buka Youtube, mau lihat video klip artis idola buka Youtube, sepertinya apapun yang ingin kita tonton ada di youtube yah? Lalu siapa sih sebetulnya yang menciptakan Youtube itu?

Steve Shih Chen (31), Jawed Karim (30), dan Chad Hurley (32) merupakan para pencipta situs berbagi audio-video terbesar di Dunia. Youtube didirikan pada tahun 2005, ternyata Youtube mendapat respon positif yang begitu besar dari para pengguna internet dan pada tahun 2006 Google berniat untuk mengakuisisi Youtube dengan nilai 1,65 Miliar dolar amerika atau setara dengan Rp 16,5 Triliun! Wow! Angka yang cukup besar!

4. Yahoo


Jerry Yang (40) dan David Filo (42) menciptakan sebuah Search Engine bernama Yahoo! Pada tahun 1995 dan sekarang menjadi Mesin Pencarian terbesar kedua setelah Google. FYI tahun lalu sebuah perusahaan raksasa bernama Microsoft sempat ingin membeli situs Yahoo!

Dengan tawaran yang cukup fantastis yaitu senilai: 44,6 Miliar US Dollar atau setara Rp 458,8 Triliun. Walaupun memiliki nilai tawaran yang cukup fantastis akan tetapi sayangnya rencana tersebut batal, namun dari kedua belah pihak tidak memungkiri kemungkinan kerja sama di masa mendatang.


5. WordPress


Sebuah situs penyedia blog gratis yang diciptakan oleh Matt Mullenweg (25) dan situs ini diciptakan pada saat ia berusia 19 tahun. WordPress menjadi sangat tenar dalam waktu singkat dikarenakan pemakaian yang mudah dan selalu diperbarui. Dan hingga tahun 2008 tercatat ada 230 juta pengakses tetap dengan 6,5 miliar halaman WordPress.

Lalu ada 35 juta postingan baru dengan rata-rata 4 juta postingan tiap bulannya. Walapun situs ini cukup tenar namun sang empunya Matt Mullenweg mengatakan tidak akan menjual situs ini ke pihak lain walaupun ditawari harga selangit.


6. MySpace


Sebuah situs media sosial yang diliris pada bulan Agustus 2003 oleh Tom Anderson (38), dan sampai saat ini MySpace bersaing ketat dengan Facebook untuk menjadi situs media sosial nomer 1 di dunia. MySpace telah digunakan oleh lebih dari 100 juta orang pengguna, dengan mayoritas berada di kawasan benua Amerika.

Kelebihan MySpace memiliki fitur yang cukup unik yaitu Audio Streaming gratis dan diluncurkan pada 25 September 2008 dan hanya dalam hitungan hari, miliaran lagu telah didengarkan melalu MySpace dan banyak yang memprediksikan bahwa MySpace akan mempengaruhi industri musik digital kedepannya.


7. Mozilla


Pada bulan November 2004 Mozilla lahir dari seorang remaja berusia 19 tahun bernama Blake Aaron Ross. Mozilla kemudian digabungkan dengan Firefox, program yang diciptakannya bersama Dave Hyatt. Maka, setelah itu, namanya menjadi Mozilla Firefox.

Dengan cepat, Mozilla Firefox diterima para pengguna internet di dunia. Ia, antara lain, dinilai lebih aman dan mudah dipakai (dibandingkan dengan para kompetitornya). Mozilla juga dinilai mampu merebut sebagian pasar fasilitas penjelajah internet, yang selama ini dikuasai oleh Microsoft Internet Explorer.

Banyak orang memuji kesuksesan Blake Ross. Direktur engineering Yayasan Mozilla, Chris Hoffman, mengatakan, Dalam dunia ‘Open Source‘, posisi seseorang tergantung pada keahliannya, dan Blake Ross memiliki semua keahlian yang dibutuhkan.